Kamis, 28 November 2013

Motivasi Untuk Berkreatif


BELAJAR KREATIF

1.banyak jebakan-jebakan yang akan membawa manusia kejurang kehinaan. Contohnya hiburan-hiburan di televisi yang tidak mendidik adalah penghambat proses belajar. Oleh sebab itu, para pelajar mesti meningkatkan kualitas serta kuantitas belajar. Tapi ingat, belajar bukan hanya di sekolah, tapi di lingkungan masyarakat pun kita dapat belajar banyak hal. Diantaranya di pengajian-pengajian. Disana merupakan tempat-tempat belajar, terutama untuk hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan rohani.

2.Adapun salah satu cara untuk mengisi otak ini dengan ilmu adalah dengan membaca. Melalui membaca, otak yang tadinya beku akan encer, dan yang tadinya tumpul akan menjadi tajam. Hasil penelitian menunjukan bahwa Negara-negara yang mengalami kemajuan itu dikarenakan minat baca masyarakatnya yang tinggi. Selain itu membaca pun dapat dilakukan dimana saja. Cukup hanya dengan sebuah buku atau Koran, manusia dapat menjelajah ke seluruh penjuru dunia. Adapun gudang ilmu yang baik bagi para pembaca adalah perpustakaan.

3.Dalam proses belajar, mesti dibutuhkan sebanyak-banyaknya motivasi yang akan menyulut api semangat untuk belajar. Sebab motivasi itu ibarat angin yang berhembus dilautan. Jika sebuah perahu membentangkan layarnya kemudian terttiup angin, maka perahu itu akan bergerak maju. Dan jika angin itu berhenti, maka perahu juga akan ikut berhenti. Seperti itulah hubungan belajar dengan motivasi. Oleh sebab itu, maka motivasi belajar sangatlah penrting. Sebab akan membantu proses belajar. Adapun motivasi yang yang datang dapat berupa do’a serta dorongan dari orang tua, cita-cita yang tinggi, persaigan yang ketat dan lain sebagainya.

4.Didalam menghadapi hambatan-hambatan belajar, perlu dituntut untuk kreatif. Seorang guru di sebuah sekolah mengatakan bahwa kekreatifan itu lahir dari keterbatasan. Setelah direnungkan, ternyata pendapat itu dapat diterima. Oleh karena itu, keterbatasan jangan dijadikan alasan untuk tidak belajar. Sebab dari keterbatasan itulah akan lahir kekreatifan yang senantiasa menyertai proses belajar, sehingga semangat untuk belajar pun sebakin berkobar. Didalam belajar, yang menjadi modal utama adalah rasa cinta terhadap ilmu. Dengan rasa cinta terhadap ilmu, meskipun jutaan hambatan yang menghalangi belajar akan dengan mudah untuk dilewati. Oleh sebab itu, maka rasa cinta kepada ilmu mesti ditanamkan dalam hati nurani.

5.Oleh sebab itu, kita harus belajar walaupun keterbatasan yang menghambat kita. Dan belajar itu tidak pandang bulu, tua maupun muda, kaya maupun miskin tetap saja wajib untuk belajar.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar