Rabu, 29 Januari 2014

Cara Memotivasi Siswa Untuk Membaca



Kegiatan membaca siswa di sekolah dasar  masih belum maksimal. Kegemaran membaca siswa masih sangat kurang (rendah). Kesadaran guru untuk memberikan motivasi membaca pada siswa juga masih renda. Sebagian guru ada yang berpendapat tugas memberikan motivasi membaca merupakan tugas guru mata pelajaran bahasa indonesia Padahal tugas ini adalah tugas semua guru. Jadi betapa pentingnya pemberian motivasi membaca pada siswa, karena membaca merupakan modal dasar mempelajari seluruh mata pelajaran di sekolah. Oleh karena itu, dalam tulisan ini penulis sengaja mengangkat hal-hal yang berkaitan dengan jenis-jenis motivasi yang sesuai untuk memotivasi siswa membaca, usaha-usaha guru dalam memotivasi siswa untuk membaca, dan pemilihan bahan bacaan yang tepat bagi siswa dalam kegiatan membaca.

Memotivasi siswa untuk membaca:

  • Menugaskan siswa membaca materi bacaan setidaknya dua sesi sebelum dilakukan diskusi
  • Menugaskan siswa membuat pertanyaan dari bahan bacaan. sebagai reward, guru dapat mempertimbangkan pertanyaan siswa sebagai bahan ujian.
  • Menugaskan siswa untuk menuliskan beberapa kalimat yang dapat meringkas hasil bacaannya
  • Memberikan pertanyaan sederhana namun mendalam tentang bacaan tersebut. Sebagai contoh, Apakah kamu bisa memberikan satu atau dua poin dari bahan bacaan yang kamu anggap penting? atau Menurut kamu sub bab apa yang perlu kita review ulang dan diskusikan di kelas?

  • Mengadakan sesi membaca bersama di kelas secara bergantian
  • menyiapkan ujian untuk bahan yang tidak sempat didiskusikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar